Jumat, 10 Januari 2020

Deskripsi Lomba Cyber Security

Lomba Cyber Security merupakan acara kompetisi keamanan siber yang secara khusus fokus pada aspek operasional pengelolaan, dan perlindungan layanan dan infrastruktur sistem informasi. Para peserta tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk menguji pengetahuan mereka dalam bidang kemanan siber, mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk membangun hubungan dengan para profesional industri Teknologi Informasi. Lomba Cyber Security menyediakan kesempatan bagi para profesional dibidang keamanan siber untuk saling berinteraksi dan membahas berbagai tantangan keamanan dan operasional Teknologi Informasi dan Siber, kemampuan siswa di dalam bidang Cyber Security.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan pertumbuhan transaksi bisnis online yang pesat, serta adopsi Internet of Things (IoT) dan komputasi awan yang cepat. Ditambah dengan ancaman terus-menerus dari para peretas, para profesional keamanan dunia maya sekarang banyak diminati secara global.

Seorang Analis Keamanan Informasi bekerja untuk melindungi jaringan sistem komputer organisasi, untuk mencegah peretas mengakses dan / atau mencuri informasi dan data sensitif. Pekerjaan seorang Analis Keamanan Informasi biasanya melibatkan pemasangan firewall dan perangkat lunak enkripsi data untuk melindungi informasi rahasia. Mereka juga memonitor jaringan organisasi mereka untuk mengawasi insiden keamanan dan menyelidiki insiden ketika terjadi. Analis Keamanan Informasi juga dapat melakukan pengujian penetrasi, yaitu ketika mereka mensimulasikan serangan untuk mencari kerentanan di jaringan mereka sebelum dapat dieksploitasi.

Analis Keamanan Informasi juga sering terlibat dalam merancang dan melaksanakan rencana disaster recovery pada organisasi mereka, yang menjelaskan langkah-langkah dan prosedur untuk memulihkan fungsi yang tepat dari sistem dan jaringan TI organisasi setelah bencana atau serangan. Rencana biasanya mencakup langkah-langkah pencegahan seperti pencadangan rutin dan transfer data ke lokasi di luar lokasi.

Analis Keamanan Informasi harus menjaga diri mereka tetap up to date agar tetap selangkah lebih maju dari penyerang cyber potensial. Mereka harus mengikuti metode terbaru yang digunakan penyerang untuk menyusup ke sistem komputer, serta teknologi keamanan baru yang dapat membantu perusahaan mereka menghadapi ancaman ini.

Kompetensi Keahlian peserta lomba Cyber Security
  • Work organization and management 
  • Communication and interpersonal skills 
  • Securely provision 
  • Operate and maintain & oversee and govern 
  • Protect and defend 
  • Analyze 
  • Collect and operate 
  • Investigate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peserta LKS Tingkat Kota Semarang mata lomba Cyber Security

Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Kota Semarang mata lomba Cyber Security akan dilaksanakan di kampus SMK Negeri 7 Semarang pada tanggal 18 dan...